Sains pontius kisah sebelum Kristen di gabung jadi pagan romawi

Kisah-sebelum-kristen-jadi-pagan-yunani


PONTIANUS MENJADI PAUS KATHOLIK
21 Juli 230 M

Paus Pontianus adalah Paus ke 18 gereja Khatolik. Beliau lahir di kota Roma, Italia (dulu Romawi). tanggal lahirnya tidak di ketahui. Paus Pontian meninggal pada 13 agustus 236 di Sardinia, Italia.

Pada hari ini, 1.790 tahun yang lalu (tepatnya 21 juli 230 M) Pontian atau dalam bahasa latin Pontianus terpilih sebagai Paus.

Dimasa pemerintahan Paus Pontianus ini, umat kristiani dianiaya dan di dzolimi oleh kaisair romawi Maximus. *Ini sebelum Ajaran Gereja digabungkan dengan Paganisme oleh Pontifex Maximus Konstantin Agung* di Nicea 325 M

Di masa beliau ini kaum kristiani harus berjuang dan harus menahan derita karena terus di intimidasi oleh Romawi bahkan kaum kristiani ada yang dipenggal, di salib, di bakar dan di kirim ke arena galdiator untuk di terkam binatang buas.

 Penganiayaan ini disebabkan oleh sikap orang-orang Kristen yang mencemooh kepercayaan asli Romawi Kuno yang dianggapnya kafir sebab dewa-dewa bangsa Romawi hanyalah ciptaan manusia dan pemujaan terhadap dewa buatan sendiri merupakan suatu kebodohan yang sia-sia (Adisusilo, 2013:53-54)

Pada tahun 235M Kaisar Maximus memerintahkan bawahannya untuk mengasingkan Paus Pontianus ke tambang Sardinia.

Pada 28 september 235 M, di tempat pengasingannya Paus Pontianus turun takhta dan memberikan gelar Pausnya ke Anterus.

Beberapa bulan setelah Pontianus turun takhta, akhirnya beliau wafat. Wafatnya sang Paus Pontianus ini diakibatkan oleh perlakukan buruk tentara Roma...

Batu nisan Pontianus baru ditemukan tahun 1909 di daerah Calixtus, Roma.

SEJARAH SINGKAT DAN FAKTA PAUS

https://www.britannica.com/biography/Saint-Pontian


Sumber::::
Buku
Adisusilo, Sutarjo. 2013: Sejarah Pemikiran Barat : Dari Klasik sampai yang modern. Jakarta : Rajawali Pres.

Pasaribu, Anton. 2004. 264 Tahta Suci Paus Edisi ke-2. Bekasi:Penerbit Krista Mitra Pustaka.

View Blog